Serba Serbi Kegiatan PLKM Jurusan Ilmu Komunikasi 2012

Catatan Kecil di balik Antusiasme, Solidaritas, retorika, dan Ekspetasi
Oleh : Gema Primanda Ramadhan
Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi
Universitas Pendidikan Indonesia

plkm

Alhamdulillah, pada tanggal 16 Desember 2012 kegiatan PLKM Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia telah berahir sekitar pukul 18.00 WIB. Panitia yang berasal dari peserta sendiri dengan bantuan pembimbing dari rekan-rekan BEM REMA UPI dan SENAT FPIPS Sukses menjalankan PLKM dengan Lancar, walapun ada beberapa kekurangannya. Sejumlah Agenda PLKM pun telah sukses dijalankan seperti Materi retorika dari Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial bapak Karim Suryadi, Public Speaking dari praktisi langsung, Simulasi Sidang Mumas, Hingga pemilihan dan peresmian Ketua Angkatan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, yang “lagi-lagi” terpilih saudara Haidar Abdurrahman.
Dibalik kesuksesan PLKM serta Kelebihan dan Kekurangannya, penulis mencatat beberapa catatan yang menarik yang dapat penulis bagi kepada rekan-rekan semua :
Yang pertama, Ternyata Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI memiliki banyak potensi.
Hal itu dapat terlihat dengan antusiasme STAND-UP COMEDY teman-teman “Tanpa adanya urat malu” mengeluarkan banyolan-banyolan yang khas dari tiap individu. Ridwan Ahmad S, Angga Hendi P, Alwan Husni, kang Yadi, merupakan THE BEST PEFORMANCE menurut penulis sendiri. Dengan persiapan materi hanya beberapa menit, dapat mengocok perut peserta PLKM. Hal itu merupakan potensi bakat yang luar biasa, karena menurut data yang penulis dapatkan, untuk comic pemula biasanya membutuhkan persiapan beberapa hari.. Dari sini penulis berpendapat, bahwa sebaiknya Unit khusus Kegiatan mahasiswa tingkat jurusan “WAJIB” ada Komunitas Stand-Up Comedy. Kenapa? Sebab STAND-UP Comedy itu sendiri sebenarnya merupakan bagian dari Public Speaking, yang notabene Public Speaking itu sendiri sangat erat hubungannya dengan konteks ilmu yang dipelajari dalam Ilmu Komunikasi.
Yang kedua , Peningkatan solidaritas sesama mahasiswa jurusan ilmu komunikasi 2012
Tidak dapat dipungkiri bahwasanya pertemuan yang intens selam kurang lebih 3 hari berturut-turut membuat komunikasi didalamnya semakn meningkat, hal tersebut berpengaruh terhadap peningkatan solidaritas antar sesama mahasiswa semakin tinggi. Hal itu dapat penulis lihat dari komunikasi verbal dan non-verbal dari peserta PLKM itu sendiri. Dalam hal ini, penulis juga dapat mengenal beberapa teman-teman wanita dari kelas B, yang sebelumnya penulis tidak ketahui bahkan tidak pernah lihat sama sekali.
Yang ketiga, Retorika spektakuler dari Haidar.
Pada saat pemilihan dan peresmian ketua angkatan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi angkatan 2012, merupakan moment yang paling seru dan puncak dari PLKM,. Pada awalnya setiap fraksi mencalonkam beberapa calon, dan terpilihlah awalnya sepuluh calon. Setelah terpilih sepuluh calon, dua diantaranya tidak bersedia dicalonkan. Layaknya Pilgub, sisa delapam calon ketua angkatan dipersilakan untuk memaparkan visi dan misi. Lalu diadakanlah pemilihan putaran satu, yang memunculkan tiga calon yang meraih suara tertinggi yakni Haidar Abdurrahman, Fachmi M, dan Alwan Husni. Setelah itu peserta dihadapkan pertanyaan dari panelis, yang merupakan peserta PLKM. Nah, pada sat inilah Haidar mengeluarkan jawaban yang sebenarnya hanya normative saja, dan tidak jauh beda dengan saudara Fachmi dan Alwan namun disampaikan dengan tingkat retorika yang tingi serta komunikasi dengan kombinasi perasaan, logika dan intelektualitas. Hal tersebut mendapat sambutan yang sangat luar biasa dari peserta PLKM, Haidarpun menang telak dengan perolehan suara sekitar delapan puuh persen.
Dan yang terakhir adalah Ekspetasi yang tinggi terhadap mahasiswa ilmu komunikasi 2012
Tidak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa jurusan ilmu komunikasi merupakan kumpulan orang-orang terbaik dari yang terbaik. Hal itu di buktikan dengan mampunya mahasiswa jurusan ilmu komunikasi menyisihkan sekitar hampir lima ribu pesaing yang ingin juga duduk sebagai mahasiswa ilmu komunikasi universitas pendidikan Indonesia. mahasiswa Jurusan ilmu komunikasi UPI pun kini menjadi trending topic oleh dosen, senat hingga BEM, baik tingkat fakultas hingga Universitas karena keaktifannya serta kualitas SDM nya. Selain itu dapat penulis lihat dari kualitas mahasiswa ilmu komunikasi upi terlihat dari komunikasi, intelektualitas, serta tingkat confident yang baik pada saat simulasi sidang.. Hal itu membuat ekspetasi seluruh pihak meningkat terhadap jurusan ini, khususnya kita sebagai insane jurusan ilmu komunikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: