Sejarah Pembukaan Jurusan Ilmu Komunikasi UPI

UPI Membuka Jurusan Ilmu Komunikasi

Bandung, UPI

UPI Universitas Pendidikan Indonesia membuka Jurusan Ilmu Komunikasi S-1 (Non Kependidikan) pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) dan mulai menerima mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013. Seleksi masuk dilakukan melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) baik Jalur Tertulis maupun Jalur Undangan, serta melalui Ujian Mandiri UPI.

Dekan FPIPS Prof. Dr. Karim Suryadi, M.Si. di Bandung, Sabtu (19/11/2011) menjelaskan, pembukaan Jurusan Ilmu Komunikasi ini berdasarkan Surat Keputusan Rektor UPI No. 3288/UN40/DT/2011 tertanggal 20 Mei 2011. Pembukaan jurusan baru ini sejalan dengan visi, misi, dan tujuan UPI sesuai dengan perkembangan serta kebutuhan masyarakat.

“Kondisi perkembangan keilmuan, teknologi dan profesi serta tuntutan kebutuhan masyarakat telah menuntut pembukaan Jurusan Ilmu Komunikasi ini. Kondisi kebutuhan pengembangan keilmuan, teknologi, dan profesi menjadi tuntutan baru dalam cabang ilmu pengetahuan yang mendukung pengembangan profesi dalam masyarakat,” kata Prof. Karim.

Apalagi, kondisi fakultas dan universitas memberikan jaminan dapat meningkatkan sumber daya, mutu layanan, kinerja, eksistensi fakultas, dan ketersediaan fasilitas penunjang dan sumber daya manusia memenuhi kompetens dan kualifikasi. Itulah sebabnya, UPI membuka Jurusan Ilmu Komunikasi ini.

Menjelaskan tentang perbedaan Jurusan Ilmu Komunikasi UPI dengan jurusan atau fakultas serupa di perguruan tinggi lain, Prof. Karim mengemukakan, “Secara umum, ilmu komunikasi di UPI tidak berbeda dengan ilmu komunikasi di perguruan tinggi lain. Namun secara khusus, Ilmu Komunikasi UPI lebih menitikberatkan untuk mengembangkan jurnalisme pendidikan. Pendidikan menjadi ruh dari Jurusan Ilmu Komunikasi ini.”

Ditanya tentang persyaratan masuk Jurusan Ilmu Komunikasi, Prof. Karim mengatakan, tidak berbeda dengan persyaratan masuk UPI pada jurusan lainnya. Yaitu, (1) Berijazah Madrasah Aliyah, Sekolah Menengan Umum dan Kejuruan Negeri atau Swasta; (2) Lulus Ujian Nasional; (3) Dan mengisi dan menyerahkan formulir yang dilampiri (a) Fotokopi ijazah/STTB dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) yang dilegalisir oleh yang berwenang dan menunjukan aslinya, (b) Pasfoto ukuran 3X4 berwarna sebanyak dua lembar.

Khusus calon mahasiswa peserta lulusan Paket C, mereka harus menyerahkan fotokopi rapor tiga tahun terakhir. Yang pasti, persyaratan lain yang ditentukan pada saat pendaftaran nantinya dapat dilihat pada web UPI, http://www.upi.edu. Berbagai informasi lainnya bisa dihubungi melalui Direktorat Akademik di nomor telefon +62-22-2013753 atau fax+62-22-2013753; FPIPS telefon +62-22-2013161-4, fax +62-22-2013161-4, atau peminat bisa datang ke kampus UPI di Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat – Indonesia. (WAS)

Source : berita.upi.edu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: