Seputar Ilmu Komunikasi UPI

Review Jurusan Ilmu Komunikasi UPI

 

Oleh : Gema primanda Ramadhan

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi A

Twitter : @gema93pr

                        Communications Dept. 2012

Foto angkatan pertama Ikom UPI

          Bagi anda yang akan mengikuti SNMPTN 2013, pasti saat ini anda sedang mencari tahu lebih lanjut mengenai jurusan-jurusan yang mungkin anda pertimbangkan sebagai alternatif pilihan menuju masa depan. Sebagian anda ada yang lebih mencari kepada peluang kerja yang tinggi atau ada juga yang lebih memprioritaskan kepada minat diri dan beranggapan kalau masalah pekerjaan sudah ada yang mengatur.

Salah satu jurusan yang cukup menggeliat pada saat ini adalah Jurusan Ilmu Komunikasi. Ilmunya merupakan gejala dari interaksi sosial, mengakibatkan pasti adanya sebuah komunikasi yang merupakan syarat terjadinya interaksi sosial. Nah, di dalam segala aspek kita pasti berinteraksi dan berkomunikasi, dimulai dari keluarga, institusi pendidikan, lingkungan sekitar, dalam pekerjaan, menulis, dan lain-lain. Seperti yang dungkapkan oleh para ahli komunikasi bahwa “ We Cannot not to Communication” yang berarti kita tidak mungkin untuk tidak berkomunikasi. Jadi setiap apapun yang kita lakukan di dunia ini tidak lepas dari unsur  komunikasi.

Sarjana jurusan ilmu komunikasi, dibutuhkan tenaganya diberbagai macam bidang pekerjaan. Yakni bekerja di Media (cetak, elektronik, online ) hingga korporasi ( Perusahaan dan Partai Politik ). Spesifikasi lebih rincinya ya bisa menjadi wartawan,  public relations perusahaan, public relations parpol, bekerja di LSM dalam maupun luar negeri, editor, sutradara, presenter,  dosen, bekerja di KPI, Lembaga Sensor,  hingga menjadi pengusaha media lewat production house, production media.

Melihat kebutuhan serta tingginya peminat akan jurusan ilmu komunikasi serta masih rendahnya perguruan tinggi terkhusus wilayah Jawa Barat yang membuka jurusan ilmu komunikasi, maka UPI pun pada tahun 2011 telah resmi membuka jurusan ilmu komunikasi. Dan pada tahun 2012 UPI pun telah resmi mendapatkan angkatan pertamanya.

Kuota jurusan ilmu komunikasi di Universitas Pendidikan Indonesia ini awalnya berjumlah sekitar 100 orang. Namun pada akhirnya hanya 84 orang lah yang resmi mendaftar ulang. Sisanya dikabarkan tidak mendaftar ulang. Sisanya rata-rata masuk lewat jalur SM-UPI. Namun hal yang cukup membanggakan adalah peminat jurusan ilmu komunikasi UPI jalur SNMPTN mencapai angka diatas 4000 orang. Ilmu komunikasi UPI pun dikabarkan menjadi lima besar jurusan terfavorit  UPI pada tahun 2012, dan menjadi jurusan terfavorit difakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial ( FPIPS ). Hal ini merupakan sesuatu yang harus diapresiasi dikarenakan jurusan ini merupakan jurusan baru. Saya sendiripun sungguh tidak menduga jurusan yang awalnya hanya menjadi cadangan saya ketika tidak lulus ilmu komunikasi UI menjadi jurusan yang sangat diminati meskipun jurusan ini masih seumur jagung.

Berhubung karena masih minimnya informasi mengenai jurusan ini, sebagai dampak faktor kami yang sedang membangun jurusan ini. Maka sayapun akan memberikan sedikit gambaran umum mengenai ilmu komunikasi UPI.

Jurusan Ilmu komunikasi UPI merupakan jurusan yang paling muda di FPIPS UPI. Jurusan Ilmu Komunikasi yang kami biasa sebut Ikom UPI mempunyai 84 orang angkatan pertama. Terbagi atas dua kelas. Ikom Upi sendiri bisa didirikan sebab FPIPS sudah memenuhi syarat memiliki lima orang dosen Magister Ilmu Komunikasi yakni Dekan FPIPS sendiri pak Prof. Dr. Karim Suryadi M.Si , Ibu Prof. Dr. Hj. Atie Rachmiati , M.Si dosen yang biasanya mengajar di program pasca sarjana Magister Komunikasi UNISBA yang juga mantan ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI ), Dr. H. Suwatno M.Si yang juga humas UPI, bapak Dr. Deni Darmawan M.Si, dan satu lagi saya lupa namanya ( map yaa pak, hahaha ). Ketua jurusan Ikom UPI adalah bapak Drs. Ridwan Effendi M.Ed. dan memiliki dosen tetap bapak Tito Priandono S.Sos. , M.Si. Kantor jurusan berada di lantai 2 FPIPS UPI.

 Untitled

 Dekan FPIPS Prof. Dr. Karim suryadi dan

Ketua jurusan Ikom Drs. Ridwan Effendi M.Ed

          Ikom UPI mempunyai ketua angkatan Haidar Abdurrahman, telah melaksanakan PLKM pada Desember yang lalu , serta akan melaksanakan PAB serta Musyawarah Mahasiswa yang insyaAllah pada februari serta Maret mendatang. ini merupakan syarat agar Himpunan Jurusan bisa berjalan dan disetarakan dengan dengan himpunan jurusan lain yang lebih senior dan diakui oleh Senat FPIPS serta BEM Rema.

Ikom UPI saat ini mempunyai dua cabang konsentrasi jurusan yang bisa dipilih pada saat semester lima. Dua cabang konsentrasi tersebut adalah Jurnalistik dan Hubungan Masyarakat ( Humas ). Pernah tersiar kabar, bahwa dulu Ikom akan dibagi konsentrasi jurusannya menjadi tiga cabang, yakni jurnalistik, humas serta broadcast / penyiaran,  mungkin atas pertimbangan situasi kondisi  saat ini kurang memungkinkan maka, hanya dibentuk dua cabang konsentrasi saja saat ini. Namun tidak menutup kemungkinan dimasa mendatang konsentrasi broadcast akan dibuka.

Didalam mata kuliah pada semester satu ini lebih menonjolkan kepada diskusi kelompok serta presentasi. Hal ini tak lepas demi melatih kita sebagai mahasiswa ilmu komunikasi dalam berkomunikasi di muka umum. Selain dengan pembekalan teori-teori melalui pertemuan kuliah, terdapat bebearapa kali diadakan Kuliah umum diantaranya dengan anggota DPR-RI Senayan, dengan dosen FIKOM UNPAD, serta kuliah umum di Telkom Indonesia mengenai public relations. Mengingat baru semester satu, maka pada semester selanjutnya akan lebih digiatkan lagi praktek lapangan semacam ini yang diamini oleh pak ketua jurusan.

Oya, dari segi fasilitas sendiri jangan khawatir, karena pihak FPIPS telah mempersiapkan keseluruhannya sebelum jurusan ini dibuka. Fasilitasnya diantara lain telah dibentuknya TV UPI yang akan dikelola angsung oleh mahasiswa Ikom UPI, serta News Room yang  dikelola bapak Wakhludin akan menjadi bahan praktek langsung oleh mahasiswa Ikom.

Untuk unit khusus tingkat jurusan ( semacam UKM tapi di jurusan ) sudah banyak opsi yang diwacanakan. Diantaranya terdapat unit khusus Stand-Up Comedy yang berhubungan langsung dengan praktek public speaking di Public Relations, Stand-UP Comedy sendiri diwacanakan setelah melihat potensi mahasiswa Ikom sendiri ketika ditantang melakukan open mic pada saat PLKM. Dari situ terlihat kemampuan komunikasi menyampaikan sebuah pesan dan dikombinasikan dengan tingkah laku serta pengalaman jenaka cukup menghibur peserta PLKM. selanjutnya communications cinema yang menganalisis perfilman, serta mengarah kepada produksi film baik film pendek atau documenter yang orientasinya menuju kompetisi. Terus ada news ikom yang berkaitan dengan jurnalistik. Tapi semua unit khusus pada saat ini belum dapat terealisasikan berhubung belum diresmikannya Himpunan Jurusan Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Insya Allah pada saat Musyawarah Mahasiswa ( Mumas ) pada maret mendatang Himpunan dapat diresmikan dan program-program yang diwacanakan tersebut dapat direalisasikan. Selain itu ada unit khusus non-resmi yang bertujuan demi penyaluran minat serta menjalin hubungan silaturrahmi antar sesama mahasiswa ikom UPI. Diantaranya ada Akustik dan vocal grup serta Unit Futsal Ikom.

Makanya buat adek-adek yang berminat di jurusan ilmu komunikasi, hayo ambil aja jurusan ilmu komunikasi UPI. Ga kalah ama FIKOM UNPAD deh,  Dijamin ga bakalan nyesel loh, gak ada istilah jurusan baru ‘madesu’ , justru sebaliknya jurusan baru Harapan Baru J.  Tapi ingat persaingan tahun kalian pasti bakalan lebih ketat, jadi persiapin diri kalian yahh? Mau tahu apa lagi?? Hayoo? Kepo banget sih, hahaha =D. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung tanya ke saya di twitter @gema93pr atau bisa langsung ke admin. Atau boleh juga follow @IkomUpi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: