Profile

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

 

Latar Belakang

Perubahan IKIP Bandung menjadi Universitas Pendidikan Indonesia adalah upaya strategis dan merupakan peluang juga tantangan untuk terus menerus mengembangkan kelembagaan maupun kemampuan akademik. Perkembangan sains, teknologi informasi dan komunikasi, serta seni budaya yang sangat pesat saat ini, sangat membantu dalam menyampaikan informasi dan sekaligus mengomunikasikannya. Perlunya kekuatan SDM dalam bidang Ilmu Komunikasi.

Dasar faktualnya adalah kondisi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, proyeksi kebutuhan tenaga lulusan dan keilmuan, serta masih sedikitnya perguruan tinggi yang mempunyai Jurusan Ilmu Komunikasi.

Keunggulan

Sebagai jurusan baru dan menjadi jurusan pelopor dalam mengembangkan disiplin ilmu komunikasi. Mengembangkan ilmu, melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi) berbasis ilmu komunikasi secara terpadu. Lulusannya diharapkan memiliki kompetensi sebagai tenaga profesional di bidang komunikasi, sekaligus menjadi agen pembaruan bagi bangsa di bidang sosial, budaya, dan seni di Indonesia.

Prospek Lulusan

Lulusan jurusan Ilmu Komunikasi ini akan banyak dibutuhkan oleh media cetak, media elektronik, presenter, penyiaran radio, periklanan, hubungan masyarakat(public relations), manajemen komunikasi, teknologi komunikasi, jurnalis, dsb.

Arah Lulusan

Mampu menerapkan pendekatan proses komunikasi dengan berpikir kritis dan inovatif, mampu bersaing dan berprestasi secara globalisasi, mampu memenuhi kebutuhan informasi masyarakat melalui kompetensi secara professional, mampu melaksanakan interaksi dan komunikasi sosial.

Tenaga Pengajar

Program Studi Jurnalistik dan Hubungan Masayarakat, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia memiliki tenaga pengajar dengan latar belakang sebagai akademisi, praktisi, dan profesional di bidangnya. Kualifikasi tenaga pengajar dari dosen tetap jurusan/prodi sebagai berikut: Guru Besar (Profesor), Doktor (S3), dan Magister (S2).

 

Orientasi Karir

Bidang Jurnalistik

Mahasiswa Jurnalistik memiliki prospek yang sangat cerah, karena ia diarahkan dan diorientasikan untuk mengisi posisi penting dan strategis dalam lapangan pekerjaan yang sesuai dengan keahliaannya, antara lain:

–          Ilmuwan (dosen, peneliti, analis)

–          Praktisi (reporter, wartawan, editor, redaktur, kolumnis, penyiar radio/TV dll.

–          Profesi Lain (Diplomat, negosiator, trainer dan lain-lain

Bidang Hubungan Masyarakat

–          Ilmuwan (dosen, peneliti, analis)

–          Praktisi (PRO, Manajer humas, manajer iklan, TV, Produser acara seremonial, protokoler, pengarah acara (announcer), fotografer, presenter/MC, campaign strategist, speech writer, desainer grafis, even organizer,dll

–          Profesi Lain (Diplomat, negosiator, organizer conference, website creator,dll)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: